Kamis, 22 November 2007

Nutrisi Tepat Bagi Rambut Sehat

Meski sudah melakukan berbagai perawatan, mulai dari menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut, creambath, dan spa rambut, tetap saja masalah rontok dan ketombe tak segera hilang. Kesal, tentu saja. Namun cobalah menilik kembali pola makan Anda selama ini. Apakah sudah mengkonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang?

Seperti layaknya tubuh, rambut pun nutrisi agar tumbuh dengan sehat. Bahkan kondisi rambut juga menjadi salah satu penanda kecukupan gizi seseorang. Tengok saja seorang anak yang kekurangan gizi, biasanya memiliki rambut berwarna kekuningan atau kemerahan dan sangat tipis.

Lalu, nutrisi apa sajakah yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut?

Perbanyaklah mengkonsumsi protein yang bisa ditemukan di dalam ikan, daging, susu atau keju. Kandungan ini dapat memperkuat rambut, sehingga
mencegah kerontokan dan mudah patah. Tidak hanya itu, vitamin A, B, dan C juga dapat memperkuat rambut dan menjaga kesehatan kulit kepala, yang bisa ditemukan di dalam sayuran dan buah-buahan.
Kesehatan rambut juga dipengaruhi oleh kandungan zat besi yang cukup. Pasalnya zat besi dapat memberi oksigen bagi rambut yang mencegah kerontokan dan berperan dalam pigmentasi rambut, sehingga memberi warna yang sehat.

Selain itu mengkonsumsi air delapan gelas per hari tidak hanya baik bagi tubuh, tetapi juga bagi rambut. Air memberi kelembaban yang cukup bagi rambut, sehingga terlihat lembut dan bersinar. Tidak perlu menunggu hingga merasa haus untuk minum air, karena sebenarnya pada saat itu tubuh sudah banyak kehilangan air, sehingga tubuh "menuntut’ untuk segera diisi air segar.

Jangan dikira olahraga hanya memberi kebugaran bagi tubuh. Sudah jamak diketahui, olahraga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga memberi kesegaran bagi tubuh. Ternyata sirkulasi darah yang lancar juga dapat memberi kesegaran bagi kulit kepala dan memberi rangsangan bagi pertumbuhan rambut.
Kenali pula jenis kulit Anda dengan baik. Jenis kulit kepala yang cenderung berminyak, sebaiknya menghindari makanan yang berlemak atau berkalori tinggi, karena dapat merangsang produksi lemak yang berlebih. Akibatnya, selain rambut menjadi tak sedap dipandang, minyak berlebih ini juga dapat memicu timbulnya ketombe.
Dengan demikian, kini saatnya untuk memulai pola makan seimbang sebagai bekal menuju rambut memikat.
Source : chic

Tidak ada komentar: