Kamis, 22 November 2007

KESALAHAN MERAWAT RAMBUT

1. Keramas setiap hari
Rambut tampil sangat baik ketika minyak alami dari kulit kepala Anda menyentuh ujung rambut. Itu sebabnya kebanyakan ahli menyarankan Anda berkeramas dua atau tiga hari sekali. Jika Anda membutuhkan kesegaran, semprotkan saja air dingin ke kepala Anda dan keringkan dengan pengering.

2. Selalu mengikat ekor kuda di tempat yang sama
Helai-helai rambut yang cenderung terus diikat mengalami proses pematahan. Karena itu, sangat disarankan untuk mengganti daerah ikatan. Pindahkan setengah inci lebih tinggi, lalu di lain hari cobalah mengikat di daerah lebih rendah, misalnya. Gunakan pengikat rambut yang elastik untuk mengurangi kerusakan rambut.

3. Menyikat rambut akan membuatnya bersinar
Yang Anda butuhkan adalah beberapa kali sikatan untuk membentuk rambut dan menyegarkan minyak alami dari akar ke ujung rambut. Sikatan yang berlebihan akan merusak dan mematahkan rambut.

4. Melakukan blow dry saat rambut masih basah
Kebiasaan ini tidak hanya membut rambut susah diatur, tapi pemanasannya juga menyebabkan kerusakan rambut. Blow-dryer seharusnya digunakan pada rambut yang lembab saja, bukan basah kuyup dan pakailah paling lama 20 menit. Sebelum melakukan blow dry, bungkus rambut dengan handuk selama 5 menit dan kurangi cairan dengan air dry selama 5 menit.

5. Tidak mempedulikan kulit kepala
Untuk membuat rambut mau tumbuh sehat, Anda harus merawat kulit kepala. Pijat kulit kepala dengan ujung-ujung jari Anda untuk memperlancar peredaran darah. Untuk perawatan ekstra, gunakan serum khusus untuk kulit kepala.

6. Menggunakan sisir yang keliru
Sisir yang keliru tidak hanya mengacaukan gaya rambut Anda, tapi juga dapat mematahkan rambut. Semakin panjang rambut Anda, semakin lebar diameter sikat yang Anda butuhkan. Untuk menciptakan volume rambut, gunakan sikat bundar dan untuk rambut lembut gunakan sisir biasa.

7. Menghindari hair spray
Hair spray mengandung polimer yang ternyata mampu menjaga kelembaban rambut. Dan berbeda dengan yang dipercaya orang selama ini, hair spray tidak merusak rambut. Hair spray mengandung polimer, bukan alkohol yang dapat membuat rambut kering. Alkohol akan menguap sebelum menyentuh rambut Anda. Lagi pula, hair spray membantu pembentukan rambut Anda.

8. Menutupi, bukannya mengobati ketombe
Mencoba menutupi ketombe dengan pelembab seperti minyak rambut dan pomade hanya akan menutupinya sementara waktu. Ketombe adalah penyakit radang kulit kepala yang tidak berhubungan dengan kekeringan. Obatnya, cobalah shampo yang mengandung salicylic acid zinc, selenium sulfat dan tar untuk mengurangi ketombe.


source : chic

Tidak ada komentar: